5 Keuntungan Dan Manfaat Keong Mas

14.36

Keong-mas
Keong Mas
Keong mas atau biasa disebut kul (red.jawa) merupakan jenis keong yang sangat merugikan petani....”katanya siiihhh”.... Terlepas dari merugikan atau menguntungkan fakta yang terjadi memang keong mas ini memakan tanaman dalam hal ini padi yang berumur masih muda, atau masih dibawah umur 35Hst. Setelah umur tersebut keong mas tidak akan doyan lagi dengan yang namanya tanaman padi, hal ini dikarenakan batang tanaman padi sudah cukup keras untuk dimakan oleh keong yang tidak memiliki tulang gigi..(apa jadinya kalau keong punya tulang gigi....?????).

Pada fase ini kekhawatiran akan adanya serangan keong mas sudah berakhir, jika kita bicara tentang dampak negatif dari keong mas ini tentunya sobat semua sudah pada tahu, dan salah satunya disebutkan diatas tadi. Akan tetapi sudahkan sobat semua berfikir betapa besar manfaatnya keong mas ini bagi kita semua terutama para petani kita, atau mungkin salah satu diantara kita ada yang sudah merasakan manfaat dari keong mas ini. Yang perlu kita ingat bahwa didunia ini selalu ada dua hal yang selalu berpasangan seperti baik dan buruk, panas dan dingin, merugikan dan menguntungkan, nah inilah yang harus kita sadari di setiap permasalahan yang ada disekitar kita, demikian juga dengan keong mas yang selalu diberi label merugikan, padahal jika kita mau berfikir dan mengamati dengan jeli kondisi yang ada maka keong mas inipun juga memberikan manfaat dan keuntungan, terutama bagi sobat tani semua.

Inilah 5 keuntungan dan manfaat dari keong mas:

  1. Merupakan hewan yang memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga bisa di manfaatkan untuk membuat MOL atau Mikro Organisme Lokal untuk keperluan pemupukan tanaman di fase vegetatif. Pemanfaatan sebagai MOL biasanya disebut dengan MOL Keong Mas
  2. Membantu kita untuk membersihklan lumut-lumut kolam ikan, dengan memelihara keong mas di kolam ikan terutama yang berdinding cor/beton, akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga untuk kolam tanah. Keong mas akan membersihkan lumut atau rumput yang biasanya tumbuh mengambang di atas air.
  3. Untuk makanan ternak, terutama bebek dan mentog, pemberian keong yang teratur akan mempercepat pertumbuhan bebek dan mentog, jika bebek petelur akan memperbanyak produksi telurnya.
  4. Sebagai makanan ringan. Bisa digoreng, ditumis, di botok atau dimasak yang lain (Nb. Bagi yang sudah terbiasa mengkonsumsi)
  5. Sebagai penyubur dan penggembur tanah sawah secara tidak langsung. Di sawah yang terdapat banyak populasi keong mas-nya akan memicu itik/bebek untuk berburu ditempat tersebut. Jika kita tidak meyadarinya, secara sepontan kita akan mengusir itik/bebek tadi karena meyebabkan bau tidak sedap dilahan sawah dan meyebabkan kaki gatal jika menginjak tanah sawah tersebut, itu karena kotoran bebek yang tertinggal di sawah. Akan tetapi dampak positifnya tentu lebih besar, antara lain:
  • Dengan desain kaki itik yang sedemikian akan membuat tanah lebih berlumpur lagi dengan kata lain memperbaiki textur tanah.
  • Kotoran itik pada saat disawah merupakan pupuk organik gratis tanpa harus membeli kesusahan menebar dan membawa kesawah.
  • Populasi Keong mas yang ada di sawah akan habis karena dimakan oleh itik, ini juga mengurangi tenaga yang harus dikeluarkan untuk mengendalikan keong mas baik dengan pengambilan keong maupun dengan aplikasi pestisida.
Nah bagi sobat semua yang masih menganggap keong mas itu merugikan, semoga dengan catatan kecil ini bisa memberikan sedikit tambahan informasi sehingga kita bisa memanfaatkan keong mas dengan sebaik-baiknya. Untuk pengendalian keong mas secara khusus bisa dilihat di artikel Rahasia Pengendalian Keong Mas
Previous
Next Post »
2 Komentar
avatar

Salam Kenal. daging keong mas ternyata disamping sebagai pakan ternak juga nikmat dan bermanfaat dikonsumsi untuk kesehatan, ternyata banyak kandungannya ketika racunnya telah dikeluarkan seperti Keripik Keong Mas Polita.
itulah keunikan ciptaan Allah.
mari bersyukur, berbagi semoga berkah

Balas
avatar

Nuhun atas kunjunganny, ide kreatifnya untuk membuat kripik keong mas yg kaya manfaat dapat diacungi jempol...

Balas
JustForex