Rahasia Teknik Aplikasi Pestisida Dengan 5 Tepat

01.38
Aplikasi pestisida bukan sebuah kata yang asing bagi kita semua, terutama bagi sobat-sobat yang bergelut dibidang pertanian. Aplikasi pestisida merupakan suatu cara yang ditempuh untuk mengendalikan serangan opt (organisme pengganggu tanaman) agar tidak terjadi kerusakan yang berlebihan sehingga target produksi dari tanaman yang dibudidayakan akan tercapai sesuai yang di inginkan. Nah dalam aplikasi pestisida itu sendiri ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memperoleh efektifitas yang maksimal. Untuk memperoleh hasil yang optimal ada lima faktor yang mempengaruhi efikasi pestisida, atau biasa dikenal dengan 5 tepat:

1. Tepat sasaran
Meliputi tahapan agar memperoleh sasaran yang tepat antara lain: pengamatan, pengenalan opt, pengenalan musuh alami hama dan peranannya, kepekaan sasaran)

2. Tepat jenis
Tepat jenis ini mengandung pengertian jenis pestisida apa yang akan di aplikasikan, antara lain: cara kerja; kelompok kimia; formulasi; selektifitas)

3. Tepat waktu
Kapan waktu yang tepat untuk aplikasi pestisida, yaitu pada saat serangan hama dan penyakit tanaman sudah mencapai ambang ekonomi atau ambang pengendalian, dalam hal ini yang harus diperhatikan antara lain: tingkat perkembangan opt; pertimbangan cuaca; strategi untuk menghindari/menunda kekebalan hama; post harvest interval)
teknik aplikasi pestisida
Aplikasi Pestisida

Waktu aplikasi pestisida sesuai dengan keperluan:

  • Preventif: aplikasi pestisida sebelum ada serangan opt
  • Kuratif: aplikasi pestisida sesudah ada serangan opt
  • Eradikatif: aplikasi untuk pembersihan bila ada ledakan opt
  • Aplikasi sistim kalender: aplikasi pestisida secara berkala (misalnya seminggu sekali, dsb.), tanpa memperhatikan keberadaan opt.
  • Aplikasi berdasarkan ambang pengendalian/ambang ekonomi: aplikasi pestisida yang dilakukan bila populasi hama atau intensitas serangan penyakit telah melampaui ambang tertentu.

Waktu aplikasi pestisida berdasarkan keadaan cuaca:

  • Jangan menyemprot saat panas terik dan kering
  • Jangan menyemprot saat angin sangat kencang
  • Jangan menyemprot bila hari hujan atau akan hujan
  • Penyemprotan dilakukan bila embun pagi sudah hilang
  • Keadaan cuaca yang ideal untuk penyemprotan tadi umumnya adalah pagi hari antara jam 6 – jam 10.30 dan sore hari antara jam 3 – 5.
4. Tepat takaran
  Berkaitan dengan ketepatan dosis dan konsentrasi aplikasi pestisida, beberapa acuan untuk diperhatikan adalah: hubungan dan imbangan antara dosis, konsentrasi dan volume semprot.
Pengertian takaran aplikasi pestisida
Dosis: jumlah pestisida yang dibutuhkan untuk pengendalian hama per satuan luas lahan (kg/ha, liter/ha, dsb.). Dosis banyak digunakan dalam aplikasi herbisida, aplikasi insektisida dan fungisida butiran, dsb.
Konsentrasi: dalam aplikasi dengan cara penyemprotan, kecuali dosis kita masih harus mempertimbangkan konsentrasi, yakni jumlah pestisida yang harus dicampurkan dalam setiap liter air (gram/liter; ml/liter, dsb.). Konsentrasi banyak digunakan pada aplikasi penyemprotan insektisida dan fungisida
Dalam penyemprotan harus dicari imbangan yang cocok antara dosis dan konsentrasi. Imbangan tersebut dipengaruhi oleh volume semprot.

5. Tepat cara aplikasi
Dan yang tak kalah pentingnya adalah ketepatan cara aplikasi yang berhubungan dengan volume semprot; ukuran droplet; liputan; distribusi; recovery.

Itulah sobat 5 tepat dalam aplikasi pestisida yang harus diperhatikan untuk memperoleh hasil terbaik sehingga target produksi yang telah ditetapkan bisa tercapai.
Previous
Next Post »
1 Komentar
avatar

Informasi bagus di sini, saya ingin berbagi dengan Anda semua pengalaman saya mencoba mendapatkan pinjaman untuk memperluas Bisnis Pakaian saya di Malaysia. Sangat sulit pada bisnis saya turun karena penyakit kecil saya waktu singkat maka ketika saya sembuh saya membutuhkan dana untuk mengaturnya lagi bagi saya untuk memulai jadi saya bertemu Mr Benjamin seorang petugas konsultan pinjaman di Le_Meridian Funding Service. Dia bertanya saya tentang proyek bisnis saya dan saya katakan kepadanya saya sudah memiliki One dan saya hanya perlu pinjaman 200.000,00 USD dia memberi saya formulir untuk diisi dan saya juga dia bertanya kepada saya tentang ID Valid saya dalam beberapa hari. Mereka melakukan transfer dan pinjaman saya diberikan . Saya benar-benar ingin menghargai upaya di sana juga mencoba untuk memberikan ini kepada siapa pun yang mencari pinjaman bisnis atau masalah keuangan lainnya untuk Menghubungi Layanan Pendanaan Le_Meridian Di Email: lfdsloans@lemeridianfds.com / lfdsloans@outlook.com. Ia juga tersedia di WhatsApp Contact: +1 -9893943740.

Balas
JustForex